• Kategori

  • Arsip

  • Laman

  • Agustus 2010
    S S R K J S M
        Mar »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

CERITA USANG BUAT ANAKKU

2 tahun sudah umurku….

CERITA USANG BUAT ANAKKU

Hari ini Minggu tanggal 19 Juli 2009 genab sudah umurmu menjadi 2 tahun, sebagaimana harapan ibumu, bapakmu, eyangmu dan orang-orang yang menyayangimu bahwa mereka mengharap kamu lekas besar.

Mereka sadar bahwa seiring dengan pengharapan ini ternyata secara tidak langsung juga merupakan pengharapan akan cepat berlalunya masa yang dimiliki oleh orang-orang yang mengasihimu tersebut (walahua’lam).

Tapi mereka semua tidak memperdulikan akan semakin pendeknya waktu yang dimilikinya karena semakin tersilapnya mereka dengan semakin bertambah pintar dan lincahnya kamu.

Karena itulah bapak ingin menceritakan sebuah cerita usang/lama, walau bapak tahu bahwa sekarang genduk belum mengerti akan semua ini tapi bapak akan tetap bercerita tentang waktu/kehidupan dengan harapan besok kalau waktunya tiba genduk bisa mengerti tentang semua ini, cerita ini dapat menjadi “pengeling-eling” dalam menjalani hidup.

Begini nduk……
……manusia di dunia ini bisa diibaratkan dengan orang yang lari dari bahaya serombongan gajah yang berlari kearahnya, lalu dalam berlari orang itu terjatuh kedalam sebuah sumur.

Dipinggir sumur itu tumbuh pohon besar yang salah satu akarnya tumbuh keluar tanah dan bergelantungan didalam sumur, oleh akar itulah orang tersebut selamat, tidak jatuh kedasar sumur karena berhasil menggapai akar pohon tersebut.

Akan tetapi dipangkal akar itu terdapat dua ekor tikus, seekor tikus berwarna putih dan seekor lagi berwarna hitam yang keduanya senantiasa menggigit sedikit demi sedikit pangkal akar tersebut.

Dan celakanya didasar sumur tersebut hidup seekor naga yang setiap saat mengangakan mulutnya karena tahu akan kedatangan mangsanya.

Untung orang itu tidak mati kelaparan selama bergelayutan pada akar tersebut karena disampingnya tergantung sarang lebah yang mengandung madu yang sangat manis rasanya. Maka diminumnya madu itu sedikit demi sedikit sebagai upaya mempertahankan hidupnya.

Akan tetapi karena manis rasanya madu itu lama kelamaan orang itu lupa akan kondisi dirinya dan tiada teringat lagi olehnya hendak mencari jalan keluar dari sumur itu.

Dan tiba-tiba akar tempat bergelantungan itupun putus digigit kedua ekor tikus tersebut, maka iapun jatuh kemulut naga yang sudah lama menantinya.

……maksud dari perumpamaan cerita diatas adalah sebagai berikut nduk……
Sumur diumpamakan sebagai dunia yang penuh dengan berbagai macam bala bencana dan akar pohon itulah umur yang telah ditentukan atas setiap diri kita, yang tak boleh tidak akan putus pada suatu waktu.

Tikus yang putih dan yang hitam itu tiada lain adalah waktu siang dan malam yang senantiasa sedikit demi sedikit menggigit umur tadi. Sedangkan mulut naga yang menganga dibawah adalah lubang kubur yang setiap saat menunggu-nunggu kedatangan mangsanya.

Kemudian kesenangan hidup yang sesaat itu, yang dirasai oleh mata, telinga, hidung, lidah dan perasaan lainnya itu diumpamakan dengan sebuah sarang lebah yang sarat dengan madu manis yang tergantung pada akar itu juga. Madu itulah yang menyebabkan manusia lupa akan nasib dirinya sehingga tiada terpikir olehnya untuk mencari jalan keluar menuju lembah kebahagiaan lainnya.

Demikian nduk, cerita usang ini bapak sampaikan kembali kepadamu, smoga orang-orang yang mengasihimu tidak sia-sia memberikan waktunya kepadamu, amin……….

Selanjutnya maafkan bapakmu nduk,…. yang tidak bisa memberikan kemewahan seperti bapak dari teman-temanmu, yang bisa memberikan perayakan ULTAH dengan gebyarnya.

Tapi yakinlah nduk, waktu bapak akan kuberikan kepadamu hingga kamu mampu menuju lembah kebahagiaan, insyaallah……….

Selamat ulang tahun yang ke – 2 anakku “AGNI KERTANINGJAGAD THOMASFA”

Smoga menjadi anak yang SHOLIHAH, amin…..

Rembang,

Sunday, 19 July 2009 at 12:09

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: