• Kategori

  • Arsip

  • Laman

  • Agustus 2010
    S S R K J S M
        Mar »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

PANJANG UMUR DAN PENGUASA

Karunia Tuhan yang tidak banyak melimpah kepada banyak orang adalah panjang umur. Hal ini yang menyebabkan orang rela menempuh berbagai macam cara agar dia diberkati umur panjang.
Tuhan di rayu mulai pagi, siang, sore dan malam hingga pagi lagi hanya semata agar Tuhan berkenan memberikan umur panjang.

Karena saking kepinginnya, orang mengesampingkan dan mungkin lupa bahwa kita hidup didunia mengikuti dan tunduk atas hukum alam yang berlaku. Dimana ketika kita lanjut usia kita mengalami kepikunan, sedikit tuli, mata menjadi rabun dan kita juga lupa akan hal-hal penting.
Ada yang mengatakan kalau masa lansia merupakan masa kembali ke masa kanak-kanak.

Inilah tabiat orang lanjut usia yang kebanyakkan terjadi pada orang biasa. Tetapi di kalangan orang-orang istimewa, yang namanya penguasa (mulai dari presiden, gubernur, bupati sampai lurah/kades) lupa pada hal-hal penting merupakan perkara mudah.

Sebelum menjadi penguasa mereka dengan mudah dan lantang menjanjikan; gaji akan diserahkan kepada rakyat, menciptakan lapangan pekerjaan baru, meningkatkan taraf hidup masyarakat, menindak tegas pegawai yang korupsi, dstnya. Tetapi apa yang terjadi setelah mereka menjadi penguasa,…
bukanya gaji diserahkan kepada rakyat, malahan tak jarang mereka merasa kurang akan gaji yang diterimanya,…
bukanya membuka lapangan pekerjaan tetapi malah mereka menciptakan usaha untuk mempeluas usahanya sendiri dan akhirnya sudah tentu taraf hidup masyarakat akan semakin menjauh dari harapan.

Lupa disini bukan perkara tidak ingat tetapi lupa merupakan senjata bagi mereka yang tidak ingin belajar bertanggung jawab.

Kalau sekedar umur panjang mungkin bisa, tapi jangan lupa, umur panjang bukan selalu harfiah yang berarti hidup lebih lama dari orang lain. Chairil Anwar mengatakan “aku ingin hidup seribu tahun lagi”, bukan artinya ia ingin hidup selama seribu tahun, tapi pada kenyataannya dia termasuk orang yang mati cepat dan kenyataan yang tidak dapat dipungkiri bahwa namanya sampai sekarang masih dikenang dengan hormat dan penuh kekaguman.

“Lupakah mereka (penguasa) berdo’a minta umur panjang yang berkah dan rizki yang halal?”
Mungkin saja tidak, banyak yang tahu bahwa banyak penguasa yang kelihatan saleh dan santun dihadapan Tuhan. Bahkan mereka berusaha menyeret dan menjebak Tuhan untuk memberkati dan melanggengkan kekuasaannya.

Ternyata tidak hanya rakyat yang ditipu tetapi Tuhan pun ditipu.
Sungguh berani, tapi apa enaknya hidup dalam tipuan,…
dan akhirnya, astaghfirullah… mungkin laknat Tuhan yang akhirnya mengingatkan mereka,

Rembang, Thursday, 19 March 2009 at 04:25 |

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: